Tips dan Trik Fotografi Profesional Dengan Kamera Smartphone

Uncategorized

Written by:

kita dapat kok memaksimalkan guna mendapatkan tangkapan yang menarik dan berkualitas. Yang me sti anda lakukan ialah bereksperimen dengan ide-ide kreatif dan mengerjakan kita dapat kok memaksimalkan guna mendapatkan tangkapan yang unik.
Dahulu fotografi memang lebih identik dengan teknik pemungutan gambarmemakai kamera profesional laksana DSLR misalnya. Namun kini kita sudahmenginjak dunia fotografi mobile, dimana smartphone ketika ini telah dibekali dengan kamera yang semakin modern dan experience yang tak kalah seru dengan kamera profesional.
Terlepas dari jenis smartphone yang anda gunakan, kita dapat kok memaksimalkan guna mendapatkan tangkapan yang menarik dan berkualitas. Dilansir dari AndroidPit, yang me sti anda lakukan ialah bereksperimen dengan ide-ide kreatif dan mengerjakan tips dan trik fotografi profesional dengan kamera smartphone ini.

1. Bersihkan Lensa Kamera Smartphone

Fotografi Profesional

Fotografi Profesional

Sebelum melangkah lebih jauh, anda mulai dari yang sangat sederhanayaitu bersihkan lensa kamera smartphone kamu. Smartphone begitu melekatuntuk pemakai nya, kemanapun anda pergi. Karena sering dipakai lensa kamera sudah tentu akan menempel sidik jari dan debu, baik yang paling lembut hingga debu yang kasat mata. Jika anda tidak membersihkannya hasil tangkapan kamera dapat saja kabur.
2. Gunakan Tombol Kamera Sebagai Tombol Shutter

Fotografi Profesional

Fotografi Profesional

Dilansir situs 828BET kebanyakan smartphone tak dibekali dengan tombol kamera khusus, sebagai gantinya kamu dapat mengatur tombol volume sebagai tombol shutter kameraguna meminimalkan getaran. Demikian pun untuk potret selfie, bila memungkinkan pakai tombol volume sampai-sampai kamu dapat lebihkonsentrasi untuk menemukan background potret yang bagus.
3. Maksimalkan Shortcut Kamera

Fotografi Profesional

Fotografi Profesional

Kebanyakan smartphone Android mempunyai shortcut eksklusif untukmengenalkan kamera dengan cepat, jelas tersebut lebih praktis lagipula untuk menciduk momen dadakan yang dilangsungkan singkat. Nah kamu dapat pelajari shortcut yang disediakan oleh vendor smartphone kamu, memang berbeda-beda. Biasanya ada di unsur bawah lokasi lockscreen atau jugalumayan dengan mengurangi tombol home dua kali pada smartphone Samsung, atau tekan tombol volume bawah dua kali pada smartphone ASUS ZenFone dan lainnya.
4. Fotografi Landscape

Fotografi Profesional

Fotografi Profesional

Foto landscape dengan bentuk 16:9 ini seringkali digunakan guna mengabadikan pemandangan alam atau dalam definisi lain ialah jenis fotografi yang merekam keindahan alam. Pemandangan alam pasti begitu indah, lagipula pada saat-saat tertentu saat secara sensitif kita dapat menandai sifat dan arah datangnya sinar matahari. Misalnya pada ketika sore maupun pagi hari saat sinar matahari mempunyai sifat kekuning-kuningan dan arah jatuhnya membentuk bayang-bayang obyek yang paling panjang.
5. Hindari Menggunakan LED Flash

Selalu pakai cahaya alami guna mendapatkan potret yang luar biasa. Bahkan semua fotografer profesional dengan kamera DSLR, faedah lampu kilat umumnya ditabung benar-benar untuk suasana darurat. Letak LED Flash pada smartphone letaknya terlampau dekat dengan lensa, sampai-sampai efeknya ingin mencolok. Jika cahaya alami tidak cukup, kamudapat meningkatkan nilai eksposur (EV) dan ISO pada kamera. Tapi ingatlah dengan menambah ISO juga dapat menghasilkan ‘noise’. Kecuali ketikaanda mengambil gambar di siang hari saat matahari sedang di belakang subjek potret kamu.
6. Jangan Gunakan Zoom Digital

Menggunakan digital zoom pada smartphone, sama saja menghancurkan hasil foto. Kecuali kamera anda mempunyai zoom optik, di mana lensa kamerasebetulnya menjorok terbit dari perangkat anda (seperti Samsung Galaxy K Zoom). Alternatif terbaik, kamu dapat melakukan zoom dengan editpotret setelah memungut foto.
7. Kenali Kamera Smartphone yang Digunakan

Kamu kan telah beli smartphone mahal-mahal, pakai kecanggihan kameranya secara maksimal. Apalagi smartphone jaman sekarang, meskipun bukan flagship, kamera yang dicantumkan di smartphone low-end dan mid-end pun sudah lumayan memenuhi keperluan fotografi guna orang awam.
Yang me sti anda lakukan ialah mengenali seluk beluk kamera yang terpasang di smartphone kamu. Otak-atik aja resolusi, brightness, modepemungutan gambar, filter, dan lainnya. Tau kan peribahasa ala dapat karena biasa ? Yup! Terus pelajaran membuat anda makin jago!
8. Lebih Dekat dan Penuhi Viewfinder

Saat anda berada jauh dari objek foto, kamu melulu akan menemukan figure kecil yang kalah dari background sekitar. Untuk menemukan hasilpotret yang bagus usahakan hindari fitur zoom sebab akan meminimalisir kualitas gambar. Yang me sti anda lakukan ialah mendekat dan penuhi viewfinder atau layar smartphone dengan objek fotomu.
9. Selalu Ingat Komposisi Rule of Thirds

Kamu nggak selalu dapat menempatkan objek potret di tengah frame. Jikaanda ingin potret yang didapatkan senatural mungkin, pakai komposisi Rule of Thirds. Pemikiran di balik komposisi Rule of Thirds ialah untuk memecah frame menjadi tiga unsur yang sama, baik secara horizontal maupun vertikal.
Beberapa kamera smartphone mempunyai pengaturan yang akan menanam garis-garis ini guna memudahkanmu menyaksikan komposisi terbaik saat memungut gambar. Poin di mana garis-garis ini berpotongan ialah di mana anda harus menanam objek potret di frame. Kamu tentu akan kagum pada hasilnya!
10. Dapatkan Pencahayaan Terbaik

Pencahayaan natural tidak jarang kali menghasilkan warna potret yang lebih baik ketimbang potret yang dipungut dengan flash kamera. Jikaanda mengambil potret di dalam ruangan, cari cahaya produksi atau cahaya kecil yang natural guna merefleksikan hasil fotomu.
11. Gunakan Objek Manusia Bagi Hasil yang Lebih Baik

Pemandangan estetis yang tertangkap oleh mata telanjang akan paling sulit diabadikan melulu dengan kamera smartphone. Bagi hasil yang lebih baik, pakai objek insan dalam potret tersebut. Hal ini menciptakan hasil potret lebih individu dan memorable. Tentu saja menyerahkan nilai lebih guna pemandangan tersebut.
12. Memotret Panorama dengan Objek Orang Ganda

Kamera smartphone ruang belajar menengah ke atas umumnya telah dilengkapi dengan fitur kamera Panorama. Jika kamu hendak memotret panorama dengan objek atau orang tampak ganda, metodenya saat kameramemungut gambar dengan 360 derajat, orang yang difoto berpidah lokasi dari kiri, ke tengah, kemudian ke kanan mengekor arah gerakan kamera.
13. Memotret Panorama Saat di kendaraan

Tidak me sti memutar kamera 360 derajat, anda juga dapat memotret Panorama ketika di kendaraan. Yang anda lakukan melulu memasang kamera pada mode panorama, lantas memotret dengan tangan usahakan me sti stabil.
14. Memotret Zoom memakai Lensa Binocular (teropong)

Hampir seluruh tipe smartphone ruang belajar menengah ke atas mempunyai kamera yang dilengkapi fitur zoom. Namun, rata-rata fitur yang dipunyai kamera smartphone jaraknya tidak jauh. Di samping itu, satu urusan yangbutuh diperhatikan, memotret memakai fitur zoom di kamera smartphoneseringkali gambar yang didapatkan kualitasnya menjadi turun, gambar tidak tajam dan cenderung tidak sedikit noise. Menyiasati urusan ini, kamu dapat memanfaatkan binocular atau teropong guna menggantikan lensa zoom yang dipasang di depan kamera smartphone.
15. Menggunakan Tetesan Air guna Memotret Makro

Jika anda tidak mempunyai lensa makro eksternal, kamu dapat menggunakan air yang diteteskan di atas lensa kamera smartphone. Bentuk air yang melengkung dapat jadi pengganti filter lensa makrokamu. Pastikan air tidak masuk ke dalam smartphone.
16. Gunakan Penutup Kaca Mobil sebagai Reflektor

Jika tidak terdapat reflektor yang dapat digunakan untuk pekerjaan fotografi profesional, kamu dapat juga memakai penutup kaca mobil yang berwarna emas atau perak guna dijadikan reflektor pengganti.
17. Gunakan Headset guna Menggantikan Tombol Shutter

Kamu juga dapat memotret selfie tanpa mengurangi tombol shutter langsung di smartphone. Kamu dapat memanfaatkan headset sebagai perangkat penyambung untuk mengurangi tombol shutter. Sehingga jarak antara anda dan smartphone dapat lebih jauh. Smatphone dapat diletakan di meja atau tembok dengan memakai tripod atau dudukan yang diciptakan dari bahan kertas karton. Catatan: pastikan headset anda mendukung faedah shutter dan terhubung ke software kamera.
18. Foto Underwater
Tips trik terakhir yakni memotret underwater. Yang dimaksud memotret underwater di sini yakni smartphone dimasukan ke dalam gelas bening,lantas setengah badan gelas dicelupkan ke dalam air guna memotret objek. Sehingga hasil gambar tampak laksana memotret dari dalam air. Trik initidak banyak beresiko, jadi diperlukan kehati-hatian yang tinggi supaya gelas tidak kemasukan air.
Itulah tips dan trik fotografi profesional dengan kamera smartphone. Terus asah kemampuan anda ya dengan terobosan ide-ide kreatif guna menghasilkan potret yang menarik dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *